Rabu, 21 Maret 2012

Kunci Pola Makan Sehat Untuk Remaja dan Dewasa


 
Berangkat dari pertanyaan orang dewasa tetang keinginan “Mau sehat, gak mudah ngantuk, gak mudah capek tapi juga gak bikin gemuk? (-,-)’
Kata Ahli gizi “Energi yang keluar haruslah seimbang dengan Energi yang dimasukkan”. Kebiasaan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat merubah kondisi fisik sesorang baik itu kegemukan maupun penurunan berat badan. Hal ini yang sangat dikhawatirkan oleh kebanyakan remaja dan dewasa pada umumnya. Katanya “dapat mempengaruhi penampilah diri”. Kondisi seperti initerjadi karena masa ini merupakan masa perubahan prilaku konsumsi yang sangat berbeda dengan masa kanak-kanak. Dimanan pengaruh pergaulan yang suka nongkrong di kafe-kafe, nonton sambil ngemil, dan mungkin masa perantauan /anak kos yang sering terkena kangker (kantong kering) sehingga secara tidak langsung telah merubah prilaku seseorang dalam mengkonsumsi makanan.
Berbicara tentang pola makan, maka kita berhubungan dengan frekuensi makan, jumlah makan dan jenis bahan makanan yang kita konsumsi setiap hari.  Mari kita dengarkan sedikit perkuliahan gizi hari ini.
Frekuensi makan
Menu sehari adalah susunan hidangan yang disajikan dalam sehari dalam beberapa kali waktu makan. Dalam menu sehari, terdapat istilah frekuensi makan. Frekuensi makan adalah jumlah waktu makan dalam sehari, meliputi makanan lengkap ( full meat) dan makanan selingan (snack). Makanan lengkap biasanya diberikan tiga kali sehari (makan pagi, makan siang dan makan malam),sedangkan makanan selingan biasa diberikan antara makan pagi dan makan siang, antara makan siang dan makan malam ataupun setelah makan malam. Frekuensi makan di suatu institusi berkisar antar tiga hingga enam kali sehari tergantung dari biayaan tenaga kerja yang tersedia. Waktu makan terdiri dari makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan, makan malam serta selingan malam.
Jenis makanan
Makanan terbagi atas 2 jenis yaitu makanan ringan yaitu makanan yang dimakan sebagai selingan dan makan utama yang memenuhi kebutuhan kalori tubuh sehari-hari. Makanan ringan atau snack adalah makanan yang dikonsumsi untuk selingan di sela-sela makan utama. Makanan utama terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk hewani dan nabati, sayur dan buah, dan minuman. Sedangkan makanan ringan atau snack terdiri dari snack basah dan snak kering maupun yang berkuah.
Di alam terdapat berbagai jenis bahan pangan, baik yang berasal dari tanaman (pangan nabati) maupun yang berasal dari hewan (pangan hewani). Di antara beragam jenis bahan pangan tersebut, ada yang kaya akan stu jenis zat gizi, sebaliknya adapula yang kekurangan akan zat gizi tersebut. Umunya tidak ada satu bahan makanan yang mengandung semua zat gizi dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh (kecuali air susu ibu untuk bayi). Oleh karena itu manusia memerlukan berbagai macam bahan pangan untuk menjamin agar semua zat gizi yang diperlukan tubuh dapat dipenuhi dalam jumlah yang cukup.
Jumlah makanan
Jumlah atau porsi merupakan suatu ukuran maupun takaran makanan yang dikonsumsi setiap kali makan. Dalam mengkonsumsi makanan haruslah seimbang dengan kebutuhan remaja/dewasa yang di sesuaikan dengan umur. Frekuensi yang telah di standarkan oleh Depkes dimana anjuran makan satu hari untuk rata-rata remaja/dewasa secara umum orang Indonesia dengan energy 2550 kkl dan protein 60 bagi laki-laki dan bagi perempuan energy 1900 dan proteinnya 50. Jumlah ini bagi yang berumur 19-29 tahun. Untuk lebih mendetailnya tentang kebtuhan gizi individu kamu, silahkan di tinggalkan Berat Badan/Tinggi Badan/Umur dan Aktiftas kamu sehari-hari pada Post comentar. Insya Allah saya akan membantu mencari kebutuhan Gizi kamu sebenarnya. (AKG, 2004).

Kenapa kita sering merasa ngantuk dan capek and tips gak gemuk???
Dari berbagai disiplin ilmu kesehatan rasa kantuk adalah sinyal yang dikirim seluruh tubuh ke otak untuk ngasih tau kalo tubuh kita sebenarnya sudah letih (setelah beraktivitas dalam bentuk fisik maupun mental). Hal ini terjadi akibat penimbunan laktat dan penurunan ATP di tubuh (nah lho...bingung lagi ya ATP apa he.heh…/ adenosin tri fosfat). Karena itu, saat ngantuk biasanya kita menguap. Hal ini berakibat pengurangan laktat di tubuh. Tapi terkadang ngantuk juga dipengaruhi oleh psikologis. Misalnya saat kita merasa bosan dan berpikir : "mending tidur deh klo kayak gini". Saat itu secara gak sadar otak kita memerintahkan tubuh untuk merasa lelah dan akhirnya ngantuk pun terjadi. Ribet emang urusannya klo udah bawa2 sisi psikologis. Penjelasan selogis apapun kadang susah diterima. Well...kadang sulit dimengerti memang.
Simpelnya aja, perasaan ngantuk akan timbul saat kita telah hampir kehabisan energi, dimana biasanya saat kita merasa energi kita hampir habis, kita akan melakukan sebuah rutinitas yg disebut makan. Setelah kita makan, makanan itu tidak bisa langsung diubah menjadi energi (karena butuh waktu yg disebut proses pencernaan). Nah saat kita menunggu/berlangsungnya proses pencernaan makanan, biasanya energi kita benar-benar tinggal tersisa sedikit. Inilah yg menyebabkan rasa kantuk, makanya biasanya kita akan ngantuk saat setelah makan. Alasan kedua, karena kita ingin bermalas2an, sehingga otak tidak difungsikan utk berpikir..saat otak relax, maka syaraf-saraf kita pun akan bekerja secara santai.
Selain itu rasa capek bisa disebabkan kurangnya cadangan asupan energy yang tersedia di tubuh dan elektrolit tubuh yang berkurang sehingga ion-ion tubuh pun berkurang. Jika ion tubuh berkurang maka Oksigen yang dibutuhkan tubuh juga berkurang. Hal ini terjadi akibat aktifitas yang terlalu padat maupun mengkonsumsi makanan yang dapat menyerap ion tubuh seperti MSG/ penyedap makanan, mie bakso yang mengandung borax atau formalin dan pengawet dan yang lainya. Konsumsilah minuman ber elektrolit dan bervitamin. Dan konsumsi makanan sesuai kebutuhanmu.
Susu juga bisa membawa sifat tenang dalam syaraf kita. Maka susu sebainya diminum pada malam hari sebelum tidur. Ini juga merupakan kebiasaan Rasulullah Saw.

Selanjutnya, Insya Allah biar gak gemuk singkat aja ya, Tips dari saya:
  •  Pertama berdo’a kepada Allah SWT agar tidak diberikan tubuh yang gemuk.
  •  Seringlah pusa sunat (Puasa senin-kamis/pertegahan bulan 13, 14, 15,/ puasa Nabi Daut AS; puasa tiap hari dengan berselang hari, puasa sehari besoknya tidak puasa) pilih puasa yang mudah bagi kamu amalkan sebagai catatan “Niatnya semata-mata karena ALLAH SWT-bukan untuk kurus”. Fadilahnya dalam sisi Agama Sangatlah Besar dan Banyak. Dalam sisi kesehatan, karena tidak adanya makanan yang masuk ke dalam tubuh maka tubuh dapat menglikolisis (mengurai) zat lemak yang tersimpan dalam tubuh sehingga dapat mengurangi lemak tubuh diubah menjadi energy. Renungkanlah betapa besar penciptaan ALLAH SWT pada system kerja tubuh kita. So, gak jadi gemuk deh.
  •  Lalu kamu harus mengkonsumsi energy yang sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya agar tidak gemuk dan tidak pula kurus. Jadi menu makanannya  dikonsulkan dulu pada Ahli Gizi yang ada sekitarmu. Mulai dari perhitungan kebutuhan Gizi mu yang sebenarnya, frekunsi makan, jenis makanan, sampai kepada olah raga apa yang bisa kamu lakukan.
  • Yang kedua, hindari mengkonsumsi bahan makanan yang tinggi mengandung lemak yang dibarengi dengan minuman dingin seperti ess dll, karena hal ini dapat mempercepat pembekuan lemak pada penyimpanan lemak yang ada ditubuhmu.
  • Satu lagi, hindari mengkonsumsi makanan lekap sesudah berolah raga. Makanan lengkap adalah makanan yang lengkap laup pauk, hewni nabati, dsb. Beri jarak sekita 2-3 jam setelah ber olah raga. Sebaiknya sesudah berolah raga konsumsi jus buah; jeruk, tomat, wortel, apel atau buah bengkuang. Atau makanan ringan yang mengenyangkan tetapi tidak tinggi akan kalori sperti Agar-agar Jelly/ sarang burung wallet. Dan minum air puti yang cukup.
  • Terakhir syukuri pemberian Allah kepada kita, lihat sisi positif dari anugrah Allah Swt di tubuh kita, dan sesalu melihat kebawah (orang yang kondisinya dibawah kita/ jangan lihat artis). Yang terpenting, tubuh kita dipergunakan untuk menyenangkan Allah Swt…

Silahkan di shearbagi-bagi info ini untuk teman dan keluarga kamu dengan mengklik shear  fb/twitter yang ada di samping…
Nantikan Entrian Gizi selanjunya ya…
Semoga bermanfaat
By : Budi dari berbagai info






Tidak ada komentar:

Posting Komentar